Rabu, 20 November 2013

MANFAAT BUAH



Khasiat Buah Surzak / Sirzak
Berikut ini beberapa khasiat dari buah surzak / sirzak bagi kesehatan tubuh maupun kehidupan sehari-hari di antaranya:
  • Mengobati susah buang air besar. Caranya, ambil buah surzak yang sudah masak, tape ketela pohon, dan pisang raja matang. Rebus semua bahan dengan air santan, lalu tambahkan gula. Siap dimakan.
  • Mengusir kecoa. Caranya, ambil 10 lembar daun surzak yang masih muda, lalu remas-remas hingga hancur. Setelah itu, letakkan remasan daun di tempat-tempat yang sering didatangi kecoa.
  • Mengobati disentri. Caranya, ambil satu buah sirzak sebesar kepalan tangan, peras, lalu tambahkan 1/2 gelas air. Aduk rata lalu saring. Tambahkan 2 sendok makan susu kental manis dan sedikit gula pasir. Minum ramuan 3 kali sehari secara rutin hingga sembuh.
Khasiat Kelapa
Berikut ini beberapa khasiat dari tanaman kelapa di antaranya:
  • Menyembuhkan rambut rontok dan berubah. Caranya, ambil kelapa muda hijau satu buah dan beri lubang di atasnya. Masukkan garam sebesar biji asam, kemudian biarkan di luar ruangan / rumah hingga mengembun di pagi hari. Gunakan air kelapa untuk membasahi kulit kepala sambil dipijit-pijit seperti cream bath. Lakukan sebanyak diperlukan.
  • Mengobati borok. Caranya, ambil pelepah kelapa yang telah membusuk dan ditumbuhi jamur berwarna kecoklat-coklatan, lalu panggang agar kuman-kumannya mati. Sesudah itu campur dengan minyak goreng dan tempelkan pada borok. Tutup dengan perban. Lakukan sebanyak diperlukan.
  • Tapal Gigi. Ambil daun kelapa yang sudah kering, buang lidinya, lalu bakar. Ambil abunya, beri sedikit air matang, kemudian gosokkan pada gigi sebanyak 3 kali sehari.
  • Membersihkan kulit kepala bayi yang kotor. Caranya, ambil buah kelapa 1 butir, buatlah menjadi minyak kelapa, kemudian oleskan minyak kelapa pada bagian kepala bayi yang kotor / noda hitam. Biarkan 15 menit lalu gosokkan perlahan-lahan dengan kapas dan bersihkan.
  • Membersihkan koreng. Caranya, ambil buah kelapa, belah jadi dua, lalu yang separuh dibakar sampai hangus dan tumbuk sampai halus. Separuhyna lagi diparut dan dibuat minyak kelapa. Aduk bubuk kelapa dengan 2 sendok makan minyak, campur hingga rata, lalu tempelkan pada koreng seperti salep. Lakukan secara teratur.
Khasiat Biji Pala
Beberapa khasiat dari biji pala bagi kesehatan tubuh kita di antaranya:
  • Mengobati insomnia (sulit tidur). Caranya, ambil 1 biji buah pala, lalu tumbuk halus. Tambahkan sedikit air, lalu letakkan pada pelipis penderita insomnia di malam hari pada saat akan tidur.
  • Mengobati telinga sakit. Caranya, ambil biji pala dan biji mahoni, lalu tumbuk halus. Tambahkan 1/2 liter air, lalu rebus dan biarkan mendidih selama 10 menit. Teteskan air pada telinga sebanyak 4 sampai 5 kali sehari.
  • Mengobati kepala pusing. Caranya, ambil 1 buah biji pala, 7 lembar daun sirih, 7 buah cengkeh, lalu tumbuk halus. Tambahkan sedikit air, lalu oleskan ramuan pada tengkuk dan ubun-ubun penderita.

Khasiat Jagung
Beberapa macam penyakit yang dapat diobati oleh tanaman jagung:
  • Peradangan pada kandung kemih. Caranya, ambil rambut jagung sebanyak 2 mangkuk (utamakan yang masih muda dan segar), lalu rajang dan rebus dengan 4 gelas air selama 15 menit. Minum air hasil rebusan 3 kali sehari sebanyak masing-masing 1 gelas.
  • Bekas cacar air. Caranya, ambil jagung muda lalu parut dan gosokkan pada wajah atau bagian badan lain yang berbintik merah. Lakukan secara rutin dan teratur hingga sembuh.
  • Kencing batu. Caranya, ambil jagung muda, daun remujung, murbei, serta daun meniran yang akarnya dicabut. Rebus semua bahan dan minum airnya secara rutin. Sebagai tambahan, hindari makan gorengan, makanan berminyak, dan mentega.
Khasiat Nanas
Beberapa macam penyakit yang dapat diobati dengan buah nanas di antaranya:
  • Amandel. Caranya, ambil buah nanas, parut, ambil airnya sejumlah 10 gram. Tambahkan 8 gram perasan widara upas, 4 gram perasan jeruk nipis, 15 gram perasan daun jinten hitam, dan 5 gram madu murni. Campurkan, lalu saring. Minum airnya 1 sendok makan setiap 15 menit.
  • Mengurangi berat badan. Caranya, ambil 1 buah nanas yang masak, parut, lalu peras dan saring airnya. Minum 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  • Gejala kemandulan. Caranya, ambil sari hati buah nanas, daun seledri, buah kapri, lalu giling halus semuanya. Tambahkan air matang secukupnya, saring. Minum 1 hari sekali masing-masing 1 gelas secara rutin.
  • Sembelit. Caranya, ambil 40 gram buah nanas (potong kecil), 20 gram asam trengguli, 10 gram batang daun kaki kuda, dan 4 gram daun jarak. Campurkan semua bahan, lalu tumbuk dan rebus dengan 600 cc air. Saring dan minum air ramuan ini dua kali sehari sebelum makan.
Khasiat Jambu Biji
Beberapa resep pengobatan tradisional yang memanfaatkan khasiat daun jambu biji di antaranya:
  • Mengobati mencret. Caranya, ambil 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, lalu tumbuk halus dan beri satu cangkir air masak dan sedikit garam. Peras, saring, lalu minum 1-2 kali sehari masing-masing satu cangkir.
  • Membangunkan orang pingsan. Caranya, ambil daun jambu biji, giling halus atau hancurkan. Ciumkan baunya pada orang yang pingsan dengan cara meletakannya di depan hidung orang tersebut.
  • Mengobati kulit yang terbakar sinar matahari dan biang keringat. Caranya, ambil daun jambu biji 1 mangkuk, cincang, lalu tambahkan 4 liter air. Didihkan dan tambahkan 4 liter air dingin. Gunakan air tersebut untuk mandi sebanyak diperlukan.
Khasiat Jeruk Nipis
Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama sama. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, yang biasanya bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, memiliki rasa asam dan agak pahit, agak serupa rasanya dengan lemon. Selain digunakan sebagai penyedap makanan, buah yang kaya akan vitamin C ini juga berkhasiat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Diantaranya adalah untuk menyembuhkan ambeien, amandel, anyang-anyangan, batuk dan influenza, batu ginjal, demam, radang tenggorokan, tekanan darah tinggi, membuat kuku cemerlang, menyehatkan rambut, dan menghilangkan ketombe.
Beberapa macam resep tradisional penyembuhan penyakit dengan memanfaatkan buah jeruk nipis di antaranya:
  • Difteri. Caranya, ambil 2 buah jeruk nipis, ambil airnya, lalu seduh dengan 1/2 cangkir air hangat. Tambahkan sedikit garam. Gunakan untuk berkumur lalu minum satu kali sejam masing-masing dua sendok makan.
  • Batuk. Caranya, ambil jeruk nipis yang sudah tua, belah jadi 2 bagian, lalu permukaan yang diiris diolesi kapur sampai rata. Panggang jeruk hingga layu, lalu dalam keadaan panas, peras airnya. Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore.
  • Haid tidak teratur. Caranya, ambil 3 sendom makan air jeruk nipis, seduh dengan 1 gelas air panas. Tambahkan madu, lalu minum 3 kali sehari.
  • Sengatan lebah / tawon. Caranya, ambil 1 buah jeruk nipis, belah jadi dua, lalu gosokkan pada bagian yang tersengat hingga rasa sakit reda. Bersihkan dengan air.
  • Susah tidur / insomnia. Caranya, ambil bunga jeruk nipis 1/2 genggam, gula, dan daun teh, lalu seduh dengan air panas. Minum selagi hangat.
REFERENSI :
http://khasiatbuah.com/jeruk-nipis.htm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar